Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Filsuf- Filsuf Masa Renaissance, Ini Penjelasannya Lengkap

Filsuf masa Renaisans

Filsuf- Filsuf Masa Renaissance
- Telah menjadi sebuah rahasia umum bagi semua orang yang pernah belajar mengenai sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, sebab orang itu pasti menemukan kata Renaissance. Kata Renaissance merupakan terjemahan literal dari bahasa Prancis yang berarti 'Kelahiran Kembali'. 

Masa Renaissance dikenal sebagai masa yang menandakan munculnya era baru dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan berkembang kembalinya gerakan kebudayaan di Eropa yang dimulai pertama kali di Italia, khususnya di kota Florence dan berkembang sampai keseluruh benua Eropa. Masa ini berjalan sekitar abad ke-14 Masehi hingga abad ke-17 Masehi.

Berikut adalah beberapa nama-nama filsuf yang memiliki kontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan di masa Renaissance.

Galileo Galilei


Galileo Galilei adalah seorang Filsuf, Astronom dan Fisikawan Italia yang memiliki peran besar pada Revolusi ilmiah. Filsuf yang lahir di Pisa, Toscana pada 15 Februari 1564 ini, dikenal sebagai Bapak Astronomi Observasional, Bapak Fisika Modern, Bapak Metode Ilmiah dan Bapak Ilmu Pengetahuan.

Sumbangsihnya terkait keilmuan antara lain seperti, menyempurnakan teleskop, melakukan berbagai pengamatan astronomi dan juga hukum gerak. Selain itu Galileo Galilei adalah seorang yang turut serta mendukung pendapat Copernicus yang mengatakan bahwa, Bumi yang mengelilingi matahari dan matahari adalah pusat tata surya. Sebuah pernyataan yang begitu ditantang oleh sebagian besar orang dan gereja pada waktu itu. 

Karena gereja berpandangan bahwa matahari yang mengelilingi bumi dan bumi adalah pusat tata surya. Akibat dari pernyataan Galileo Galilei yang dianggap menyesatkan manusia itu, maka Galileo Galilei di sidangkan dalam pengadilan gereja dan di jatuhi hukuman pengucilan (tahanan rumah) sampa meninggal pada tanggal 8 Januari 1642 di usianya yang ke 77 tahun.

Francis Bacon


Francis Bacon adalah seorang filsuf Renaissance, negarawan dan penulis Inggris, yang lahir pada 12 Januari 1561 di London Inggris dan meninggal di Highgate, London Inggris, pada 9 April 1626. Francis Bacon sendiri merupakan tokoh awal renaissance di Inggris, dan juga dikenal sebagai salah satu dari pencetus aliran filsafat empirisme yang kemudian menjadi dasar dari perkembangan sains hingga saat ini. Sebab dari pemikirannya telah mempengaruhi metodologi Sains yang lebih mengedepankan pada eksperimen yang disebut sebagai metode Bacon.

Menurut Francis Bacon manusia harus berusaha sendiri untuk menyelesaikan masalah-masalah hidupnya dan tidak terus-menerus menggantungkan dirinya pada Tuhan, caranya adalah dengan menguasai ilmu pengetahuan. Gagasan Francis Bacon yang terkenal ialah, Knowledge is Power (Ilmu Pengetahuan adalah kekuatan). Maksudnya, Pengetahuan merupakan jalan yang dapat dipergunakan untuk kemajuan kehidupan manusia.

Sir Isaac Newton


Sir Isaac Newton atau yang lebih dikenal Isaac Newton adalah seorang Filsuf Alam, Ahli Astronomi, Fisikawan, Matematikawan, Kimiawan dan Teolog Inggris. Isaac Newton lahir di Woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris pada 4 Januari 1643 dan wafat dalam usia 84 tahun pada 31 Maret 1727 di Kensington, Middlesex, Inggris.

Sumbangsihnya terkait keilmuan dapat dilihat dalam bukunya yang berjudul, Philosophie Naturalis Principia Mathematica terbitan tahun 1687. Buku yang mengulas dan meletakkan dasar-dasar Mekanika Klasik ini. diakui sebagai buku yang berpengaruh sepanjang sejarah Sains.

Terlebih dalam bidang Optika, Isaac Newton berhasil membangun Teleskop Memantul yang pertama dan meningkatkan teori Warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi Warna-warna lainnya, Serta dalam bidang Mekanika, Isaac Newton mencetuskan adanya prinsip kekekalan Momentum dan Momentum Sudut. selebihnya Isaac Newton juga merumuskan Hukum Pendinginan dan mempelajari Kecepatan Suara. 

Akhir nya

Demikianlah penjelasan singkat tentang tokoh-tokoh atau filsuf yang hidup dimasa Renaissance dan menjadi salah satu dari mereka yang mengembangkan pemikiran dan pergerakan menuju Renaissance atau kelahiran kembali Ilmu Pengetahuan. Sampai bertemu dibagian selanjutnya. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Filsuf- Filsuf Masa Renaissance, Ini Penjelasannya Lengkap"