Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Membahas Prakerja Lengkap

Prakerja -- Dari awal kemunculannya, Prakerja sudah menuai banyak masalah. Mulai masalah dulu yang sertifikat tidak muncul di dashboard Prakerja hingga masalah gagal verifikasi email di Prakerja. 

Kini tambah lagi masalah baru di Prakerja untuk gelombang 5 misalnya kurtus tidak ditemukan prakerja, API Key Token tidak valid di kartu Prakerja, dan bahkan tidak bisa membeli pelatihan atau kursus di Prakerja. Lantas apa yang harus dilakukan? Menilik dari masalah yang cukup banyak di atas nyatanya Prakerja sudah sampai gelombang 5 yang mana antusias warga negara Indonesia masih terus meningkat mengenai Prakerja. 

Prakerja

Makanya kemarin, ketika kami mencoba melihat hasil kelolosan Prakerja gelombang 4 maka kami menyimpulkan pasti mereka akan mengikuti pelatihan dengan saldo dana yang ada di dashboard akun mereka masing-masing. Tapi ternyata ketika saldo tersebut mau digunakan untuk membeli pelatihan, hasilnya tidak bisa. 

Sehingga banyak sekali para peserta Prakerja yang menilai bahwa pemerintah tidak sungguh - sungguh dalam menangani setiap masalah yang muncul di Prakerja. Misalnya dengan masalah kenapa kursus tidak ditemukan di Prakerja.

Kursus Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja, Jangan Khawatir

Memang sangat mengecewakan ketika hasil kelolosan Prakerja gelombang 4 sudah rilis dan para peserta mau segera ikut pelatihan dan sesegera mungkin bisa mendapatkan insentif ternyata semua jenis pelatihan tidak ditemukan pada semua platform penyedia kursus di Prakerja. 

Kesal pasti namun Anda tidak boleh demikian. Sepatutnya Anda berterimakasih sudah bisa lolos Prakerja. Tentu saja, dalam waktu dekat pasti pemerintah akan segera membenahi masalah ini. Sehingga, Anda jangan khawatir. Anda tidak perlu tergesa-gesa. 

Memang di masa pandemi ini memang sulit dan semua butuh uang. Jadi saran dari kami biarkan pemerintah membenai setiap masalah yang ada di Prakerja. Ketika masalah semacam tidak bisa menemukan kursus di prakerja sudah diselesaikan maka segeralah Anda mendaftar kursus. Kami sendiri sudah menemukan berbagai jenis celotehan dari peserta Prakerja yang katanya sudah dipersulit sejak awal. 

Menurut kami, sebenarnya bukan dipersulit namun karena memang pemerintah menginformasikan tentang Prakerja ini masih dalam beberapa bulan lalu makanya semua kelengkapan untuk program ini belum maksimal 100%. Kemudian, ketika sudah berjalan beberapa bulan, ternyata wabah corona datang di Indonesia sehingga mengakibatkan kendala yang cukup berarti untuk memaksimalkan Prakerja.

API Token Tidak Valid di Prakerja

Ternyata selain masalah kursus tidak ditemukan Prakerja, masih ada masalah lain yang cukup mengusik hati para peserta Prakerja yaitu API dan token tidak valid di kartu Prakerja. Ini menambah citra buruk dari Prakerja. Banyak sekali peserta Prakerja yang mengalami hal ini. Bahkan untuk beli pelatihan di Prakerja, hasilnya sama saja.

Mungkin dengan masalah di atas kini para peserta Prakerja sudah mulai ill feel terkait dengan hal tersebut. Tapi perlu kami beritahukan bahwa berbagai macam masalah di atas bukan real 100% masalah dari sistem prakerja karena menurut info yang beredar justru platform penyedia pelatihan di Prakerja itu yang mengalami kendala teknis jadi bukan Prakerja-nya.

Alasannya karena jumlah peserta Prakerja gelombang 4 yang lolos mencapai 800 ribu orang makanya pihak pelaksana kursus membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan dan verifikasi berkas administrasi peserta Prakerja. Jadi masuk akal juga kenapa masalah semacam ini muncul.

Cara Menghapus Akun Prakerja -- Jika Anda ingin tahu cara hapus akun Prakerja maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Kali ini kita akan coba bahas lebih rinci mengenai hal tersebut agar para peserta Prakerja yang saat ini sudah merasa tidak relevan maka bisa menghapus akun Prakerja mereka tanpa takut sedikitpun. 

Menghapus akun Prakerja memang tidak bisa dilakukan secara langsung di dashboard Prakerja. Hal ini karena pihak Prakerja tidak menyediakan opsi hapus akun untuk para peserta Prakerja. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda yang mau hapus akun Prakerja melakukan komunikasi langsung dengan pihak Prakerja.

Mengapa demikian? Yuk cari tahu jawabannya dalam artikel kami mengenai cara menghapus / menuutup akun Prakerja. Semoga dengan apa yang sudah kami sampaikan berikut maka Anda bisa hapus akun Prakerja sampai tuntas ke akar-akarnya.

Cara Menghapus Akun Prakerja dengan Tepat

Jika data pribadi Anda di Prakerja sudah dinilai lagi tidak relevan oleh pihak Prakerja, berarti ini adalah kesempatan anda untuk meminta untuk menghapus akun Prakerja. Kapan akun Prakerja dianggap sudah tidak relevan? Mungkin itu yang jadi pertanyaan para peserta Prakerja. Pasalnya syarat pertama untuk menghapus akun Prakerja adalah akun Anda sudah tidak relevan.

Menurut catatan kami, akun Prakerja tidak relevan jika sudah tidak aktif dalam waktu yang lama. Jadi akun tersebut benar-benar sudah ditinggalkan dan tidak dipergunakan sama sekali. Masalahnya jika akun tersebut masih aktif digunakan maka kami yakin itu masih sulit untuk dihapus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur Prakerja. Ini sudah termaktub dalam bagian Kebijakan Privasi yang disertakan oleh pihak Prakerja. 

Nah ketika Anda sudah merasa akun Prakerja sudah tidak relevan sama sekali maka segeralah kirim email ke info@prakerja.go.id dengan subjek penghapusan akun. Nantinya pihak Prakerja yang akan kirim keputusan apakah akun Prakerja Anda layak dihapus atau tidak.

Daftar Alasan Ingin Menghapus Akun Prakerja

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang yang ingin menghapus akun Prakerja, diantaranya:
  • Sudah kesal dan frustasi tidak pernah lolos seleksi Prakerja dari awal sampai gelombang 7 ini.
  • Salah input data diri.
  • Merasa sudah tidak cocok lagi dengan Prakerja yang cukup ribet.
Jadi kemungkinan besar itulah alasan kenapa banyak peserta Prakerja ingin menghapus akun miliknya masing-masing.

Berapa Lama Evaluasi Pendaftaran Kartu Prakerja -- Sebuah hal yang sangat dibenci hampir semua orang adalah menunggu. Ini terjadi juga pada para peserta Prakerja. Setelah mereka berhasil daftar akun Prakerja maka tahap selanjutnya adalah menunggu hasil evaluasi pendaftaran kartu Prakerja. Masalahnya ini tidak ada yang tahu sampai berapa hari evaluasi pendaftaran prakerja makanya kita akan coba kupas disini. 

Prakerja merupakan program yang diusung oleh pemerintah Indonesia yang mana nantinya para peserta Prakerja bisa mendapatkan insentif sebesar 600rb setiap bulannya. Makanya hampir sebagian besar penduduk Indonesia yang ingin mendaftar di kartu Prakerja tersebut.

Sebagai informasi, kalau Anda mau daftar Prakerja maka silahkan saja Anda gabung lewat laman prakerja.go.id. Dari laman tersebut nanti Anda bisa mendaftarkan diri Anda. Ketika sudah daftar, disinilah kebimbangan muncul karena harus sabar dalam menanti hasil evaluasi pendaftaran kartu prakerja. Yuk coba kita kulik saja.

Berapa Lama Evaluasi Pendaftaran Kartu Prakerja? Ternyata Sebentar

Pertanyaan berapa lama evaluasi pendaftaran kartu Prakerja ini akan terus muncul selama pendaftaran kartu Prakerja terus dibuka. Sehingga jika Anda kemarin sudah lolos pendaftaran kartu Prakerja gelombang 1, 2, 3 ataupun yang 4 maka pasti sudah tahu berapa lama. Namun bagi peserta Prakerja gelombang 5 pasti akan was was mengingat baru besok 23 Agustus 2020 pendaftaran kartu Prakerja gelombang 5 ditutup.

Intinya sih kalau berbicara berapa lama maka acuan Anda adalah laman resmi dari Prakerja. Disana akan dijelaskan time line dari pada alur pendaftaran Prakerja setiap gelombangnya. Jadi Anda tinggal menunggu saja dan tidak usah terburu-buru. Hal ini karena jika sudah selesai evaluasi pendaftaran prakerja pasti akan diumumkan sesuai dengan tanggal yang tertera pada laman tersebut. 

Secara umum, 2 sampai dengan 3 hari setelah pendaftaran prakerja ditutup biasanya hasil evaluasi pendaftaran prakerja akan diumumkan. Jika ternyata terkendala teknis maka bisa jadi molor sampai 1 minggu. Namun itu jika memang benar-benar terjadi kesalahan yang fatal. Secara garis besar, 2 s.d 3 hari itu sudah paling ideal.

Cara Melihat Apakah Lolos Pendaftaran Prakerja Atau Tidak

Yang jelas silahkan saja pas pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang prakerja maka anda dapat melihat pengumuman evaluasi prakerja dengan cara masuk ke Dashboard akun Prakerja Anda. Cara loginnya mudah pasti Anda sudah tahu caranya.

Sehingga untuk mengetahui apakah anda lolos atau tidak pada pendaftaran Prakerja maka silahkan saja Anda cek pada Notifikasi di dashboard akun Prakerja. Disisi lain, Anda yang lolos pendaftaran kartu Prakerja maka Anda akan dapat SMS dari pihak Prakerja.

Pada mulanya mungkin tidak sedikit peserta pelatihan Prakerja yang awalnya menemukan Sedang Dievaluasi menjadi Sedang Diproses pada akun Prakerja miliknya masing-masing. Mungkin kalau masih info sedang dievaluasi, banyak peserta Prakerja yang masih mengerti apa maksud status pengajuan pendaftaran akun Prakerja. Ya walaupun tidak sedikit juga yang sudah paham dengan sedang diproses, namun mungkin karena penasaran dengan berapa lamanya maka banyak yang bingung.

Kebingungan disini bukan karena apa maksudnya tapi justru lebih ke berapa lama tahap sedang diproses untuk akun Prakerja yang baru. Hal ini umum terjadi karena warga Indonesia banyak yang suka tidak sabaran, aslinya kalau sabar menunggu ya status tersebut akan berubah sendiri jika Anda dinyatakan diterima.

Prakerja Sedang Diproses, Begini Penjelasannya

Jika Anda sudah mendaftar Prakerja gelombang berapapun itu, status yang akan Anda lihat adalah sedang dievaluasi. Artinya adalah berkas pendaftaran Anda sedang dinilai oleh pihak Prakerja. Kelengkapan-kelengkapan administrasi Anda sedang dicek satu demi satu sudah sesuai dengan persyaratan Prakerja atau belum.

Nah lalu, ketika berkas pendaftaran Prakerja Anda dinyatakan sesuai dengan persyaratan Prakerja maka status pendaftaran Anda akan berubah menjadi diproses. Artinya pihak prakerja sudah mulai bekerja untuk memproses akun Prakerja Anda. Kalau memang semua kelengkapan Anda baik maka tentu Anda akan diterima di Prakerja. 

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan hasil evaluasi pendaftaran Prakerja Anda tersebut. Untuk berapa lama waktunya, itu tergantung pihak Prakerja sendiri. Umumnya akan diberitahukan setelah pendaftaran akun prakerja ditutup. Jadi bersabarlah selama proses evaluasi dan sedang diproses tersebut.

Saran Selama Pendaftaran Prakerja Sedang Diproses

Ketika status pendaftaran akun prakerja Anda masih sedang diproses maka saran dari kami adalah Anda rajin rajin untuk sering login akun prakerja. Ini fungsinya untuk mengecek saja apakah Anda lolos atau tidak. Jadi bukan untuk apa apa. Ya tidak perlu setiap jam harus login bisa satu hari sekali atau dua hari sekali.

Dengan begitu maka Anda bisa memantau status pendaftaran kartu prakerja Anda. Intinya sih Sabar memang kalau mau daftar prakerja. Karena ini program skala besar maka prosesnya akan memakan waktu lama. Ini bukan program yang dikhususkan untuk satu lembaga saja, namun untuk seluruh warga negara Indonesia. Jadi tolong buka pikiran Anda selebar - lebarnya.

Tadinya, jenis pelatihan yang tanpa webinar jumlahnya sangat sedikit. Dalam video tersebut disarankan kepada semua peserta pelatihan Prakerja agar mencari platform mitra pemberi kursus yang berdiri sendiri yang intinya ada pelatihan prakerja tanpa webinar.

Lebih detail mengenai pelatihan prakerja tanpa webinar sebagai klarifikasi penjelasan kami maka kami jelaskan di bawah ini. Semoga saja apa yang kita bahas disini bisa berguna untuk Anda semua. Jangan lupa dibaca sampai tuntas agar paham dengan konten kami. Share pada teman lain dengan klik ikon berbagi pada akhir artikel ini biar semua orang tahu informasi ini.

Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar, Apa Memang Ada?

Sebenarnya jika mengutip pada Permenko No 11 Tahun 2020 memang pemerintah telah melakukan proses penyesuaian administrasi terhadap mitra pelaksana pelatihan Prakerja. Jika mitra Prakerja tersebut memenuhi syarat maka bisa menjadi mitra Prakerja kemudian pelatihan yang ia tawarkan bisa dibeli oleh peserta pelatihan prakerja.  Salah satu syaratnya adalah mewajibkan untuk adanya Webinar.

Tapi anehnya ada beberapa YouTuber peserta Prakerja yang menyatakan ada lembaga pelatihan prakerja yang tanpa webinar dan Zoom Face. Jadi pelatihan hanya murni berupa video saja. Mitra Prakerja pertama yang menjalankan pelatihan prakerja tanpa webinar adalah Yec.co id. Kedua adalah Sekolahdesain.id. Lanjut, ada Arkademi. Ke empat adalah Tempo Institute yang menawarkan pelatihan menjadi jurnalistik. Tambahan ada Pintaria dan Kemnaker. 

Sayangnya, setelah 22 Agustus 2020 kemarin ternyata semua mitra pelatihan Prakerja tersebut sudah melakukan upgrade sistem. Sehingga sekarang memang tidak ada lembaga yang memberlakukan pelatihan Prakerja tanpa webinar. Jadi peserta Prakerja harus lebih sabar dalam mengikuti webinar tersebut.

Webinar Prakerja Akhirnya Diwajibkan Untuk Semua Mitra Pelatihan

Saat ini, semua mitra pelatihan prakerja sudah disyaratkan untuk melakukan webinar. Webinar prakerja yang digunakan adalah menggunakan aplikasi Zoom. Oleh sebab itu, Anda sebagai peserta prakerja yang lolos harus segera memasang aplikasi Zoom untuk mengikuti sesi webinar.

Hal ini karena jika Anda belum pasang aplikasi Zoom maka Anda tidak bisa mengikuti webinar Prakerja. Nantinya dengan zoom tersebut maka Anda tinggal masuk dengan kode webinar atau dengan undangan host Zoomnya.

Enaknya, Anda bisa memilih kapan mau mengikuti sesi webinar. Jadi bukan penyelenggara yang menawarkan diri namun Anda yang memilih tanggal dan waktunya. Kira kira lamanya webinar prakerja ini maksimal 2 jam saja.

Cara Membuat Akun OVO Untuk Kartu Prakerja

Jika Anda membutuhkan panduan cara membuat akun OVO yang nantinya bisa Anda hubungkan ke Kartu Prakerja Anda maka kami siap membantu Anda. Membuat akun OVO untuk prakerja sejatinya sangatlah mudah. Prosesnya sama seperti Anda daftar akun OVO pada umumnya. Anda hanya butuh nomor hp aktif maka akun OVO akan bisa Anda dapatkan.

Namun sebelum langkah langkah cara membuat akun OVO untuk prakerja ini kami jelaskan lebih rinci. Ada baiknya jika Anda download dan pasang terlebih dahulu aplikasi OVO dari Play Store. Jika anda pengguna OVO di iOS iPhone maka pasang dari App Store Anda. Selanjutnya, anda bisa ikuti tutorial cara buat akun OVO untuk prakerja sebagai berikut ini. 

Cara Buat Akun OVO untuk Prakerja

Untuk proses daftar dan membuat akun OVO untuk kartu prakerja caranya kurang lebih seperti ini.
  1. Setelah aplikasi OVO terpasang. Ketuk saja biar terbuka.
  2. Saat terbuka, Anda bisa mulai untuk registrasi akun OVO Anda.
  3. Registrasi OVO bisa Anda lakukan dengan mengisi nama, nomor hp dan alamat email.
  4. Selanjutnya, Anda bisa memasukkan kode verifikasi OTP yang dikirimkan ke nomor hp terdaftar.
  5. Lakukan verifikasi sampai selesai.
  6. Nah sampai tahap ini Anda sudah berhasil membuat akun OVO untuk prakerja.
  7. Kemudian, anda harus buat security code. Jangan sampai orang lain tahu security kode Anda.
  8. Security code OVO ini sangat berguna dalam setiap transaksi. Jadi ingat betul atau catat biar tidak lupa.
  9. Sekarang masuk ke dashboard prakerja. Pilih sambungkan rekening > pilih OVO > rekening OVO akan terhubung dengan menunjukkan nomor hp Anda > selanjutnya masukkan security code Anda tadi.
  10. Terakhir, akun OVO Anda sekarang terhubung dengan akun Prakerja Anda.
Kami rasa panduan cara membuat akun OVO untuk Prakerja sudah dulu. Anda bisa coba daftar akun OVO dulu baru kemudian menyambungkannya dengan akun Prakerja Anda. Prosedurnya sudah jelas di laman FAQ Kartu Prakerja. Silahkan dicek kesana.

Cara Melihat Kode Voucher Prakerja -- Banyak dari peserta Prakerja yang masih tidak mengetahui bagaimana cara lihat kode voucher Prakerja. Hal ini karena Voucher Prakerja bisa Anda beli dari Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya selaku mitra pelaksana kursus Prakerja. Jadi jika Anda juga salah satu dari peserta Prakerja yang masih belum mengetahui kode Voucher Prakerja maka ada baiknya jika Anda membaca artikel ini sampai selesai. 

Melihat kode voucher Prakerja memang tidak bisa dilakukan secara langsung. Jika Anda mau melihatnya maka Anda harus menyediakan sedikit dana agar bisa melihat kode voucher Prakerja yang akan ingin lihat. Kenapa butuh dana? Tenang nanti akan Ednaer sampaikan detailnya di bawah ini.

Lebih jelas mengenai cara melihat kode voucher Prakerja bisa Anda cek di bawah ini. Semoga apa yang kita ulas di bawah ini bisa bermanfaat. Jadi pastikan Anda baca dengan seksama agar mengerti apa yang kita maksudkan di sini.

Cara Melihat Kode Voucher Prakerja Mudah

Perlu Anda ketahui maksud Anda harus mengeluarkan sedikit dana adalah Anda harus membeli kursus Prakerja terlebih dahulu. Jadi kalau Anda belum membeli minimal satu kursus Prakerja maka Anda tidak bisa melihat kode voucher prakerja. Hal ini karena untuk menyimpan privasi dari kursus yang Anda beli.

Apabila Anda telah melakukan pembayaran terhadap kursus Prakerja, maka peserta dapat melihat rincian pembelian kursus tersebut pada halaman Informasi Transaksi. Peserta juga dapat melihat kode voucher, menyalin kode voucher, dan mengunjungi link lembaga pelatihan terkait yang sudah dibeli tadi. 

Makanya Anda tidak bisa melihat kode voucher prakerja sebelum Anda berhasil membelinya. Jika Anda butuh penjelasan tentang bagaimana cara membeli voucher Prakerja maka akan kami jelaskan satu saja jika Anda beli dari Bukalapak.

Cara Membeli Voucher Prakerja di Bukalapak

Jadi kalau Anda mau melihat kode voucher Prakerja, maka Anda harus membeli voucher Prakerja tersebut misalnya dari Bukalapak. Adapun penjelasannya sebagai berikut ini.
  • Saat berada di laman utama Bukalapak, Anda bisa memilih voucher belajar.
  • Anda bisa memilih kelas belajar yang dimau.
  • Peserta akan melihat detail rinci dari kelas yang dipilih. Agar lanjut ke tahap berikutnya ketuk Lanjut.
  • Dari sini Anda masukkan nomor kartu Prakerja.
  • Jika data sudah benar, ketuk Bayar dengan Kartu Prakerja lalu Anda ketuk Ya, lanjutkan pembayaran.
  • Anda harus memasukkan OTP yang dikirimkan oleh SMS dan ketuk Verifikasi.
Dari sini, ketik pembayaran sudah selesai maka Anda bisa melihat kode voucher Prakerja Anda. Pastikan Anda sudah melakukan pembayaran maka kode Voucher Prakerja baik di Bukalapak atau Tokopedia pasti bisa Anda lihat.

Online. geti.id -- Justru sampai detik ini masih banyak yang menyangka situs asli dari online.geti.id prakerja adalah online.get.id prakerja. Padahal situs tersebut jelas berbeda. Oleh sebab itu, sebelum pembahasan kami lanjutkan lebih jauh maka berikut ini yang dapat Anda ulas dalam artikel kami mengenai online. geti.id.

Jika Anda para peserta Prakerja berkunjung ke laman online.geti.id maka Anda akan masuk di laman Geti Incubator. Ya namanya tidak asing ditelinga kita karena mirip dengan game Free Fire yang identik dengan incubator. Tapi perlu Anda tahu bahwa online geti id ini bukan pelatihan untuk membuat game namun jauh lebih menarik dari pada itu.

Yuk kita cari tahu saja lebih mendalam mengenai online.geti.id. Semoga saja Anda bisa belajar banyak dari laman tersebut sehingga Anda punya sertifikat prakerja yang layak dipakai untuk melamar pekerjaan nantinya.

Online. geti.id Prakerja Apa itu?

Kita bahas terlebih dahulu tentang laman online.geti.id. Online.geti.id adalah situs yang menawarkan pelatihan prakerja berbasis digital. Dengan begitu maka kompetensi peserta pelatihan Prakerja yang berhubungan dengan berwirausaha di bidang digital akan semakin meningkat. Apa saja itu kompetensi digital menurut online.geti.id? Ya misalnya kemampuan dalam menjadi YouTuber profesional, pengusaha online, sukses usaha lewat media sosial, mahir dalam editing video, sukses menjadi dropshipper, dan masih banyak lagi lainnya.

Sehingga berdasarkan dari jabaran di atas maka online.geti.id memang menawarkan pelatihan yang mengembangkan kopetensi dalam hal digital. Maka dari itu barang siapa yang mau berhasil memanfaatkan era digitial ini maka silahkan bergabung di situs ini. 

Kami sangat yakin bahwa kelas online yang diusung oleh online. geti.id prakerja akan sangat istimewa nantinya. Anda dapat belajar kapan dan dimana saja. Anda bisa mengakses laman online geti id ini untuk belajar secara online dimanapun Anda mau.

Cara Daftar Akun Geti Incubator

Jika Anda mau daftar akun online.geti.id maka silahkan cek penjelasan kami berikut. Namun jika Anda sudah punya tinggal login saja.
  1. Akses laman https://online.geti.id/register ini terlebih dahulu.
  2. Sekarang Anda bisa isi form yang tersedia.
  3. Isilah nama lengkap Anda.
  4. Masukkan nomor hp yang aktif.
  5. Ketik alamat email Anda yang aktif juga.
  6. Buatlah password dan konfirmasikan di bawahnya.
  7. Terakhir ketuk saja Daftar.
Anda akan mendapatkan pesan verifikasi. Bisa lewat hp atau email. Kalau kami via email jadi tinggal buka alamat email saja. Lalu, klik link verfikasi agar diaktifkan akun geti incubator Anda. Ketika akun geti incubator Anda sudah aktif maka Anda bisa login dan membeli pelatihan prakerja dari sana.

Cara Membuat Akun LinkAja -- Agar Anda bisa mencairkan insentif Prakerja maka Anda harus punya salah satu rekening yang ditawarkan. Rekening yang didukung di prakerja antara lain BNI, OVO, LinkAja dan Gopay. Untuk kali ini kami akan jelaskan kepada anda cara membuat akun LinkAja untuk Prakerja. Jadi setelah Anda membuat akun LinkAja ini maka segeralah sambungkan rekening Prakerja dengan ewallet milik Anda, dalam hal ini yaitu LinkAja. 

Pada dasarnya cara membuat akun LinkAja akan sangat mudah dilakukan jika dengan menggunakan aplikasi LinkAja dari Play Store. LinkAja sudah bisa Anda dapatkan secara gratis di Play Store dan selanjutnya Anda hanya perlu daftar dengan nomor hp Anda untuk terhubung dengan LinkAja. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat akun LinkAja untuk disambungkan ke Prakerja maka simak di bawah ini.

Cara Membuat Akun LinkAja untuk Prakerja

Kita mulai proses untuk membuat akun LinkAja untuk Prakerja. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas Anda bisa membuat akun LinkAja dengan aplikasi. Oleh sebab itu, Anda pastikan ada kuota untuk download dan pasang aplikasi LinkAja di hp Anda. Jika sudah terpasang, hal berikutnya yang harus Anda cek adalah nomor hp yang mau Anda daftarkan harus aktif.

Karena jika tidak aktif maka Anda tidak akan bisa menerima pesan OTP sebagai konfirmasi. Jika semua sudah siap maka Anda bisa lanjut untuk mempelajari cara membuat akun LinkAja. Adapun proses untuk membuat akun LinkAja untuk Prakerja sebagai berikut ini.

Cara Buat Akun LinkAja untuk Prakerja

Silahkan ikuti langkah demi langkah di bawah ini mengenai tahapan cara membuat akun LinkAja.
  1. Buka Play Store dan silahkan download dan pasang LinkAja dari sana. Jika Anda pengguna iOS iPhone buka saja App Store Anda.
  2. Jika sudah terpasang di hp Anda, segera ketuk untuk menjalankannya.
  3. Di laman awal Anda akan diminta untuk mengisi nomor hp Anda lalu ketuk Mulai.
  4. Anda akan menerima SMS OTP ke nomor hp yang didaftarkan tersebut.
  5. Masukkan kode konfirmasi ke kolom verifikasi.
  6. Selanjutnya, Anda harus buat PIN keamanan LinkAja Anda.
  7. Kemudian, setelah buat PIN maka Anda harus memasukkan nama email untuk verifikasi email Anda.
  8. Anda akan menerima kode verifikasi di email Anda. Maka segera masuk ke email Anda untuk diverifkasi dengan cara klik linknya.
  9. Dari tahap ini maka akun LinkAja Anda sudah siap.
Ketika ewallet LinkAja ini sudah jadi. Maka Saatnya Anda menyambungkan rekening di Prakerja Anda. Cara Sambung Rekening Prakerja dengan LinkAja cukup mudah dilakukan. Hal ini karena sama saja dengan cara sambung rekening prakerja dengan OVO. Jika sebelumnya Anda membaca artikel kami, pasti Anda bisa menyambungkan rekening Prakerja dengan ewallet LinkAja karena prosedurnya sama hanya yang dipilih tadinya OVO sekarang ganti LinkAja.

Cara Daftar JPS Prakerja -- Kabar terbaru mengatakan bahwa hasil pendaftaran Prakerja gelombang 10 sudah keluar. Sehingga, informasi tersebut juga memberikan isyarat bahwa Prakerja sudah tidak akan ada lagi alias sudah berakhir untuk tahun 2020. Bagi Anda yang masih belum sempat daftar Prakerja maka jangan khawatir karena sekarang ada pengganti Prakerja yang siap Anda ikuti juga namanya Jaring Pengaman Sosial (JPS). Nah bagi yang ingin tahu cara mendaftar JPS Prakerja ini maka bisa ikuti ulasan kami. 

Oleh sebab itu, baik yang gagal daftar Prakerja sebelumnya atau yang belum daftar maka bisa segera daftar JPS dari Kemnaker ini. Hal ini karena sudah bukan barang asing lagi jika dimasa pandemi ini banyak sekali pekerja yang terkena PHK dan sulit dapat pekerjaan makanya kemungkinan besar bahwa JPS Prakerja ini bisa jadi solusinya.

Berikut kita kupas tentang program JPS Kemnaker yang sudah rilis 4 Oktober 2020 kemarin. Semoga saja bisa memberikan sedikit gambaran apa saya syarat daftar Jaring Pengaman Sosial (JPS). Jadi langsung saja simak di bawah ini.

Cara Daftar Jaring Pengaman Sosial Seperti Apa, Ini Syaratnya

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) baru saja meluncurkan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS). Hal ini merupakan salah satu langkah strategis penanganan dampak pandemi Covid-19. Mengingat saat ini sudah banyak sekali karyawan yang terkena PHK dan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

JPS atau Jaring Pengaman Sosial merupakan langkah yang tepat diambil oleh Kemnaker untuk memberikan pengganti Prakerja yang saat ini sudah selesai pada Gelombang 10 kemarin. Sehingga nantinya kedepan setidaknya para pemburu bantuan dari pemerintah mendapatkan udara segar dari JPS ini. 

Hanya saja sampai detik ini masih banyak belum ada yang paham bagaimana cara mendaftar JPS tersebut. Tenang saja, kemungkinan dalam waktu dekat Kemnaker akan memberikan penjelasannya. Untuk itu, silahkan cek syaratnya terlebih dahulu di bawah ini.

Syarat Daftar JPS Prakerja

Adapun syarat mendaftar JPS Prakerja seperti berikut.


Program Tenaga Kerja Mandiri

Program ini difungsikan sebagai penciptaan wirausaha dan padat karya yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat agar terhindar atau mengurangi dampak pandemi Covid-19. Disamping itu, program ini juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lewat kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan.

Program Padat Karya

Kalau yang ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang menyasar para pengangguran dan setengah pengangguran lewat kegiatan pembangunan fasilitas umum dan sarana produktivitas masyarakat dengan melibatkan banyak tenaga kerja.

Program padat karya adalah stimulus untuk masyarakat pelaku industri kecil agar bisa meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitar mereka, agar dapat diolah menjadi produk yang mempunyai nilai jual di pasar domestik.

Cara Upgrade OVO ke Premier untuk Mencairkan Insentif Prakerja -- Bagi Anda yang sudah membaca postingan - postingan kami sebelumnya mengenai Program Kartu Prakerja mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu rekening yang didukung untuk mencairkan insentif prakerja adalah OVO. Namun sesuai dengan isian dalam FAQ Kartu Prakerja, Anda disarankan untuk upgrade OVO ke OVO Premier agar bisa mencairkan insentif prakerja dalam jumlah yang besar. Oleh sebab itu, disini kami akan jelaskan kepada Anda cara upgrade OVO ke Premier untuk Prakerja. 

Semoga saja dengan mengikuti panduan dari kami berikut maka Anda bisa mengetahui langkah yang jelas mengenai bagaimana cara upgrade OVO ke Premier untuk mencairkan insentif Prakerja. Silahkan langsung saja disimak sampai habis artikel ini karena ini akan sangat berguna untuk Anda para pemburu insentif 600rb selama 4 bulan kedepan jika Anda selesai dalam mengikuti pelatihan / kursus online di Prakerja.

Cara Upgrade OVO Ke Premier Untuk Prakerja

Mengapa Anda harus upgrade OVO ke Premier jika sudah mempunyai kartu Prakerja? Ya jawabannya karena OVO Premier memiliki fitur yang sangat beda dengan OVO biasa contohnya saja Batas Saldo OVO Cash mencapai 10 juta rupiah. Mengingat, saldo Prakerja akan terus ditambahkan tiap bulannya untuk pelatihan online Anda, maka OVO Premier sangat pas untuk menampung Saldo Prakerja Anda untuk kira kira 6 bulan kedepan yang mencapai 7,2 juta rupiah. Plus, nantinya Anda masih ketambahan insentif prakerja 600 rb / bulannya. 

Apakah Anda tertarik untuk Upgrade OVO ke Premier? Jika iya maka ikuti langkah demi langkah berikut ini agar Anda bisa melakukan upgrade OVO ke Premier. Simak betul betul.

Cara Upgrade OVO ke OVO Premier Untuk Prakerja

Adapun prosedur untuk upgrade OVO ke Premier adalah sebagai berikut ini.
  1. Jangan lupa siapkan file E-KTP yang jelas karena proses upgrade OVO ke Premier butuh ini.
  2. Buka aplikasi OVO Anda dan masuklah dengan security code Anda.
  3. Ketuk menu OVO ID.
  4. Klik Upgrade Online.
  5. Selanjutnya, pilih Upgrade ke OVO Premier.
  6. Di sini silahkan Anda upload file E-KTP Anda. Ingat, yang jelas ya agar terbaca sistem OVO.
  7. Isilah nomor NIK E-KTP dan Nama Ibu Kandung.
  8. Kemudian, Anda harus berswafoto dengan memegang E-KTP Anda.
  9. Klik tombol Lanjutkan untuk melaju ke tahap berikutnya.
  10. Tunggulah selama 1x24 jam pihak OVO meninjau permintaan upgrade ke Premier Anda.
Nah dengan diterimanya upgrade OVO ke Premier Anda maka Anda tidak usah khawatir saldo Prakerja Anda kian menggembung dan tidak tahu mau dipakai untuk apa. Masalahnya, saldo Prakerja ini tidak bisa dicairkan namun hanya bisa dipakai untuk latihan saja. Akan tetapi, insentif yang Anda peroleh nantinya bisa Anda cairkan dengan mudah.

Jumlah Tanggungan Prakerja -- Para peserta Prakerja dipusingkan dengan kolom yang harus diisi ketika hendak login ke akun Prakerja mereka masing-masing. Salah satu yang banyak peserta Prakerja tidak mengerti adalah kolom bagian Jumlah Tanggungan. Oleh karena itu, di dalam artikel ini kami akan jabarkan untuk Anda semua. 

Tentu saja ini akan sangat mudah sekali. Anda tidak akan bingung lagi semisal Anda harus mengisi kolom jumlah tanggungan di akun prakerja Anda masing-masing. Untuk itu, diharapkan agar para peserta prakerja mau untuk membaca informasi yang kami berikan berikut agar bisa memahami maksud jumlah tanggungan prakerja.

Langsung saja tanpa panjang lebar, silahkan Anda simak betul betul ulasan ini supaya semua peserta prakerja paham dan bisa mengisi kolom tersebut dengan tepat. Anda sangat kami sarankan hafal berapa jumlah anggota keluarga Anda karena ini sangat berkaitan erat dengan hal tersebut.

Jumlah Tanggungan Prakerja, Apa Artinya?

Jika Anda menemukan kolom jumlah tanggungan prakerja maka anda diharuskan untuk mengisikannya dengan jumlah tanggungan atau jumlah anggota keluarga pada saat itu. Oleh karena itu, maksud dari jumlah tanggungan adalah berapa banyak anggota keluarga yang menjadi tanggungan Anda. Kalau orang jawa namanya open-open atau yang diopeni. Dalam bahasa Indonesia artinya yang dirawat, dinafkahi, dirumat dll.

Sebagai contoh saja, misal Anda sudah berkeluarga dan punya dua anak maka jumlah tanggungan keluarga yang harus Anda sebutkan adalah 4 dengan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus mengerti maksud tanggungan prakerja ini. Karena nantinya ini juga akan jadi dasar patokan tim prakerja untuk melakukan sesi berikutnya. 

Nah sekarang Anda sudah mengerti apa maksud dari tanggungan prakerja. Cuma perhatikan semisal Anda belum menikah maka coba input angka 1 sebagai jumlah tanggungan karena Anda sendiri disini juga termasuk orang yang harus dirawat hehe.

Solusi Jika Gagal Input Jumlah Tanggungan Prakerja

Pastikan Anda tidak mengisi 0. Karena pada dasarnya jumlah tanggungan prakerja disini adalah berapa orang yang menjadi tanggungan Anda. Baik itu, istri, anak, ibu dan bapak, atau mertua yang tidak lagi bisa bekerja.

Jadi kalaupun Anda masih bujang dan belum berkeluarga maka isi saja 1 jika Anda menanggung diri Anda sendiri. Atau 3 sekalian karena menanggung bapak dan ibu. Karena ketika diisi 0 ternyata banyak yang gagal dalam proses input tersebut.

Cara Membuat Akun GoPay untuk Prakerja -- Dalam beberapa postingan sebelumnya kami sudah jelaskan kepada anda terkait dengan cara membuat rekening BNI untuk Prakerja dan cara membuat akun LinkAja untuk Prakerja. Kali ini untuk menyambung artikel kami sebelumnya maka kami akan jelaskan kepada Anda cara membuat akun GoPay untuk Prakerja. Mengingat ada 3 ewallet yang didukung oleh sistem Prakerja yaitu OVO, LinkAja dan Gopay. Nah untuk kepentingan tutorial kali ini kami hanya fokus pada cara membuat akun GoPay untuk Prakerja. 

Jika Anda tidak tahu GoPay, GoPay adalah ewallet besutan GoJek. Jadi untuk bisa menggunakan GoPay maka Anda harus download dan pasang dulu aplikasi GoJek. Di dalam aplikasi GoJek inilah nanti Anda bisa menemukan akun GoPay Anda. Jadi jika Anda sudah memiliki saldo Prakerja dan ingin mencairkan insentif Anda maka Anda bisa menggunakan akun GoPay untuk prakerja. Di bawah kami jelaskan prosedurnya untuk Anda.

Cara Membuat Akun GoPay untuk Prakerja

Sesuai dengan laman infojek untuk bisa membuat akun GoPay yang dipakai dalam prakerja maka Anda harus menyediakan beberapa hal yaitu Anda punya hp baik Android atau iOS, ada koneksi internet, punya akun Gmail, nomor hp aktif, dan Anda sudah pasang aplikasi GoJek di perangkat Anda. Selanjutnya, untuk cara membuat akun GoPay untuk Prakerja sangatlah mudah. 

Setelah Anda siap dengan hal hal di atas, maka segera merujuk pada tutorial kami di bawah ini. Kami akan ulas bagaimana cara membuat akun GoPay untuk Prakerja. Pastikan bahwa anda sudah membaca ketentuan yang kami berikan di atas.

Cara Buat Akun GoPay untuk Prakerja

Berikut ini prosedur untuk buat akun GoPay untuk Prakerja.
  1. Buka Aplikasi Gojek Anda.
  2. Ketuk Daftar. Anda bisa pilih pakai Facebook. Dan atau pakai email + masukkan nomor hp lalu ketuk daftar.
  3. Isi detail data diri Anda. Masukkan nama, email dan nomor hp. Selanjutnya ketuk Lanjut.
  4. Anda akan menerima SMS verifikasi di nomor hp Anda. Kode verifikasi akan bekerja otomatis ketika masuk ke inbox pesan Anda.
  5. Setelah proses verifikasi berhasil maka Anda akan masuk ke laman utama Gojek.
  6. Selanjutnya ketuk akun Gojek Anda. Anda diharuskan untuk verifikasi email Anda terlebih dahulu. Klik saja maka kode konfirmasi via email akan dikirimkan.
  7. Silahkan lihat di email Anda untuk verifikasi.
  8. Anda sudah selesai daftar akun Gojek dan segeralah buat PIN Anda.
Terkait dengan cara buat PIN Gojek Anda juga simple saja. Silahkan ikuti di bawah ini.
  • Ketuk Menu Lainnya.
  • Pilih Pengaturan.
  • Ketuk Pasang PIN.
  • Masukkan 6 digit angka untuk PIN Anda. Silahkan buat seenak Anda saja.
  • Masukkan 6 digit PIN Anda sekali lagi untuk konfirmasi.
  • Anda akan menerima SMS OTP untuk konfirmasi.
  • Selesai.
Dengan mengikuti cara di atas maka Anda sudah berhasil untuk membuat akun GoPay untuk Prakerja. Jadi sekarang waktunya untuk balik ke Prakerja dan ketuk Sambungkan Rekening > Pilih GoPay. Ikuti prosedur di layar sampai selesai. Jika bingung masuk ke laman FAQ Kartu Prakerja.

Cara Sambung Rekening Prakerja -- Jika Anda ingin tahu lebih cara sambung rekening prakerja maka langsung saja berkunjung ke sini https://www.prakerja.go.id/faq. Semuanya sudah tertulis rapi mengenai bagaimana cara sambung rekening prakerja. Baik rekening bank BNI atau dengan rekening ewallet. Semuanya sudah tertulis bahwa Anda diharuskan untuk melengkapi semua persyaratan agar Anda bisa sambung rekening prakerja. Hal ini karena jika data yang Anda berikan tidak sesuai maka sudah dapat dipastikan jika Anda pasti gagal menyambungkan rekening dengan akun prakerja Anda. 

Oleh sebab itu, dalam halaman tersebut tolong Anda baca dengan benar bagaimana cara sambung rekening prakerja Anda. Ingat ya, hanya rekening bank BNI saja yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja. Jika Anda menggunakan nomor rekening bank selain BNI untuk sampai hari ini masih belum ada opsinya. Anda harus buka rekening BNI terlebih dahulu.

Sedangkan untuk rekening ewallet, Anda bisa menggunakan OVO, LinkAja, dan Gopay. Selain itu masih belum ada mitra lainnya. Jadi jika Anda mau sambung rekening prakerja silahkan pilih salah satu rekening yang ditawarkan.

Cara Sambung Rekening Prakerja

Untuk keperluan tutorial kali ini kami hanya berikan penjelasan mengenai cara sambung rekening prakerja mengguakan rekening OVO. Jadi tutorial ini kami ambil langsung dari laman FAQ Kartu Prakerja. Semoga bisa Anda terapkan. Jika Anda mau menggunakan rekening yang lain, caranya kurang lebih sama saja nanti. Tinggal pilih Sambungkan rekening > pilih salah satu jenis rekening yang ditawarkan kemudian isikan detail dari informasi diri Anda mengenai rekening tersebut. Ikuti petunjuk di layar sampai selesai maka sudah beres.

Hanya saja prosedur semudah itu, tidak banyak orang Indonesia yang tahu. Karakter orang Indonesia tidak mau belajar langsung disitu padahal permintaan data apa yang diminta di layar Prakerja tinggal diisi sesuai data diri Anda. Sehingga, masalah sambungkan rekening prakerja semacam ini tidak perlu harus lari sana sini untuk melihat tutorialnya. Inilah lemahnya orang Indonesia.

Cara Menyambungkan Rekening Prakerja

Kami contohkan cara sambung rekening Prakerja khusus pakai OVO.
  1. Dari dashboard Prakerja pilih Sambung Rekening.
  2. Pilih jenis rekening yang ditawarkan misalnya pilih OVO. Jika belum punya OVO, maka download dan pasang dari Play Store. Jangan lupa daftar sekalian.
  3. Setelah memilih OVO > ketuk Sambungkan.
  4. Karena OVO Anda sudah aktif terlebih dahulu, maka di layar akan muncul nomor hp yang terdaftar di OVO Anda. Anda tinggal konfirmasi saja dengan beri checklist pada syarat dan ketentuan kemudian ketuk Aktifkan OVO.
  5. Dengan begitu, Anda akan menerima SMS OTP dari sistem Prakerja. Jika sudah Anda terima kode OTPnya silahkan masukkan di kolom yang tersedia kemudian ketuk Verifikasi.
  6. Masukkan kode security OVO Anda yang biasanya dipakai untuk proses pembayaran. Klik Lanjutkan.
  7. Sampai tahap ini Anda sudah berhasil menyambungkan rekening prakerja kemudian ketuk ke Dashboard.
Anda akan melihat pendaftaran gelombang 3 muncul di dashboard akun Prakerja Anda. Jangan lupa langsung klik Gabung. Ketuk Ya, Gabung sekali lagi agar proses Anda bisa disetujui. Anda kini sudah masuk ke tahap evaluasi. Silahkan tunggu hasilnya.

Cara Membatalkan Pelatihan Prakerja -- Mungkin tidak sedikit peserta Prakerja yang terburu-buru dalam membeli pelatihan. Sehingga apa yang hendak diikuti menjadi tidak sesuai dengan ekspektasi sama sekali. Oleh sebab itu, makanya tidak heran jika saat ini banyak pertanyaan bagaimana cara membatalkan pelatihan prakerja yang sudah dibeli. 

Jadi kami akan coba bantu menjawab masalah tersebut. Tujuannya adalah satu, yaitu agar Anda paham betul apakah bisa membatalkan pelatihan Prakerja yang sudah dibeli. Dengan begitu para peserta Prakerja bisa legowo dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Langsung saja kalau begitu coba kita kupas lebih detail tentang bisakan membatalkan pelatihan Prakerja. Semoga dengan begitu kita semua mendapat wawasan yang terperinci dengan masalah ini. Kami harap peserta Prakerja yang membaca ini juga lebih sabar lagi.

Cara Membatalkan Pelatihan Prakerja, Apakah Bisa?

Ternyata setelah kami membaca laman FAQ Kemnaker ada informasi yang sangat penting disana terkait dengan Apakah saya bisa membatalkan pelatihan yang sudah dibeli? Jawabannya juga sudah terpampang jelas. Kira kira begini jawabannya.

Ini sudah kami simpulkan terlebih dahulu, "Anda tidak bisa membatalkan pelatihan yang sudah dibeli karena lembaga pelatihan sudah terinformasi mengenai konfirmasi pembelian, sehingga sangat disarankan agar Anda memikirkan terlebih dahulu pelatihan mana yang mau Anda beli. 

Sehingga dengan sangat kecewa kami sampaikan, Anda harus berhati-hati sebelum membeli pelatihan Prakerja. Hal ini karena Anda tidak akan dapat membatalkan pelatihan prakerja tersebut yang sudah kebeli.

Saran Sebelum Membeli Pelatihan Prakerja

Dengan berkaca dari permasalahan di atas maka kami hanya bisa berikan saran saja kepada para peserta Prakerja yang mau membeli pelatihan. Perhatikan hal hal berikut.
  1. Beli pelatihan Prakerja yang sesuai kebutuhan.
  2. Beli pelatihan Prakerja mudah dan cepat dapat sertifikat.
  3. Beli pelatihan Prakerja tanpa webinar jika ada.
Itu saja kiranya saran dari kami jika Anda sebelum membeli pelatihan prakerja. Hal ini karena bisa jadi masalah salah beli pelatihan Prakerja terjadi pada diri Anda sendiri.

Bakingworld Prakerja Error -- Para peserta Prakerja yang suka masak memasak masih terkendala proses tidak bisa membuka situs bakingworld. Banyak keluhan Backingworld Prakerja error dan tidak bisa dibuka. Tentu saja ini membuat banyak peserta pelatihan Prakerja kebingungan sekali. Oleh sebab itu, kita akan coba jelaskan kenapa masalah semacam ini bisa terjadi. 

Situs yang beralamatkan di https://www.bakingworld.id ketika di akses muncul pesan kesalahan Whoops, looks like something went wrong. Sebenarnya masalah semacam ini sudah sering terjadi hanya saja mungkin bagi peserta Prakerja yang masih baru belum mengetahuinya dengan rinci. Hal ini karena yang namanya situs buatan manusia jelas saja akan mengalami masalah.

Masalah error tidak bisa dibuka pada situs bakingworld bukan sesuatu yang berat. Artinya kesalahan ini bukan dari jaringan internet Anda atau karena dari pihak peserta. Ini mutlak dari kesalahan dari situs bakingworld prakerja tersebutlah yang mengalami gangguan.

Bakingworld Prakerja Error Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tentu saja ketika peserta Prakerja yang sudah terlanjut membeli voucher pelatihan di bakingworld.id akan sangat kecewa jika sampai detik ini situs Bakingworld tidak bisa dibuka. Dalam hati tentu sudah capek sekali dengan berbagai masalah yang terjadi sejak pendaftaran Prakerja. Seperti pemerintah tidak siap dengan berbagai macam fasilitas yang mau dipakai. Seolah menunjukkan ketidakbecusan panitia dalam menyiapkan segala keperluan kursus Prakerja.

Tapi memang apalah daya, sebuah situs itu memang rawan error. Misalnya kalau kelebihan beban server maka situs akan down. Bisa jadi bakingworld prakerja error ini terjadi karena server mengalami masalah. Tandanya adalah pesan kesalahan tersebut muncul meski diakses dengan jaringan yang normal. Internal server pada bakingworld yang memang sedang down dan butuh perbaikan. 

Apakah ada cara mengatasi bakingworld prakerja error? Jawabannya tidak ada. Tidak ada disini maksudnya adalah di pihak peserta tidak perlu melakukan apa apa sampai ada perbaikan server. Situs bakingworld prakerja akan bisa diakses kembali jika memang pemilik situs tersebut selesai melakukan maintenance atau perbaikan. Jadi berdoa saja tidak lama.

Kenapa Bakingworld Prakerja Tidak Bisa Diakses?

Jawaban atas pertanyaan Anda ini simple sekali jawabannya. Situs bakingworld prakerja tidak dapat diakses karena ada kesalahan internal server. Jadi situs bakingworld akhirnya masih down dan tidak bisa diakses.

Yang perlu peserta prakerja lakukan cukup berdoa agar cepat diatasi. Namun jika Anda tidak sabar, maka silahkan saja Anda beli pelatihan prakerja lainnya. Kami yakin apa yang sudah Anda keluarkan untuk beli kursus di bakingworld pasti ada kompensasinya karena error ini.

Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja Ke Bukalapak -- Ednaer akan langsung membahas tentang bagaimana cara lapor sertifikat prakerja ke Bukalapak. Hal ini perlu dibahas karena banyak peserta pelatihan Prakerja yang mengikuti pelatihan di Bukalapak mengalami kendala sertifikat tidak kunjung muncul di dashboard. Oleh sebab itu yuk kita bahas secara mendetail dalam artikel ini. 

Bukalapak aslinya merupakan penyedia pelatihan Prakerja yang sudah terpercaya selain Tokopedia, Kemnaker, Pintaria dan lain sebagainya. Hanya saja jika Anda membeli pelatihan Prakerja di Bukalapak atau Tokopedia memang prosedurnya cukup panjang. Kenapa? Misalnya Anda sudah selesai pelatihan maka data tersebut tidak langsung dikirim ke Prakerja.go.id namun dikirim dulu ke Bukalapak baru dikirim ke Prakerja.

Sehingga ini butuh waktu untuk memprosesnya. Akibatnya sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard karena belum sinkronisasi. Nah mungkin saja masalah lain yang menyebabkan sertifikat dari Prakerja itu masih banyak maka Anda perlu melaporkannya.

Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Bukalapak Mudah

Yang menjadi pertanyaan awal peserta Prakerja pasti berapa lama laporan sertifikat ke bukalapak akan direspon. Benarkan? Ini sudah menjadi hal yang umum terjadi karena peserta Prakerja juga manusia yang ingin segera keinginannya terpenuhi. Makanya jika tidak segera mendapatkan balasan tentu akan sangat kebingungan.

Nah dari pada Anda bingung mending Anda ikuti saja step demi step yang kami berikan berikut ini untuk bisa melaporkan sertifikat prakerja ke Bukalapak dengan mudahnya. Ini akan sangat membantu banyak peserta prakerja yang mengalami masalah sertifikat tidak muncul di dashboard Prakerja.

Lebih rinci terkait dengan proses cara lapor sertifikat prakerja ke Bukalapak ada di bawah ini. Ikuti saja dengan pelan-pelan. Semoga penjelasan kami bisa dipahami dengan sungguh-sungguh. Ini akan sangat mudah jadi Anda pasti akan mengerti.

Ini Cara Lapor Sertifikat Prakerja ke Bukalapak

Jika Anda mengalami kesalahan dalam penulisan nama di sertifikat prakerja Anda ataupun masalah lainnya yang harus Anda lakukan hanya cukup mengisi form penanganan kendala Prakerja. Silahkan Anda isi dan tinggal klik kirim saja maka beres.

Begitu kira-kira jika Anda mau melaporkan sertfikat prakerja ke bukalapak yang mengalami masalah. Silahkan ajukan dengan bahasa yang sopan agar segera diproses.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Bukalapak -- Prakerja Gelombang 9 sudah resmi ditutup. Saat ini sudah banyak sekali orang yang ingin tahu cara bergabung di Prakerja Gelombang 10. Nah sebelum itu semua kami bahas tentu para peserta prakerja gelombang 9 yang harus mengikuti pelatihan. Sekedar informasi saja, sebelum Anda mendapatkan insentif 600rb perbulan setelah mendaftar prakerja maka Anda harus ikut pelatihan terlebih dahulu. Kami sarankan kepada Anda agar daftar di Bukalapak. Kenapa? 

Menurut kami pribadi karena di Bukalapak ataupun di Tokopedia jumlah pelatihan prakerja yang bisa Anda pilih dan ikuti sangatlah banyak. Anda tinggal memilih saja yang paling cocok maka Anda pasti bisa mengikuti pelatihan prakerja di Bukalapak.

Nah untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti panduan yang kami berikan berikut agar Anda bisa ikut pelatihan prakerja. Pastikan Anda sudah lolos seleksi prakerja agar bisa mengikuti pelatihan prakerja di Bukalapak ini.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Bukalapak Gampang

Perlu Anda ketahui bahwa bantuan Prakerja / Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Oleh sebab itu, Anda akan mendapatkan Nomor Prakerja khususnya Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan.

Bagi Anda yang mau tahu lebih tentang cara ikut pelatihan prakerja di Bukalapak maka Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai. Tentu saja apa yang kita jelaskan disini sangatlah mudah. Jadi Anda bisa mengikutinya dengan pelan-pelan saja. 

Yuk langsung saja kalau begitu, simak langkah demi langkahnya di bawah ini. Ini akan sangat singkat. Jadi Anda tidak perlu susah payah. Silahkan Anda ikuti dan praktek langsung saja.

Cara Ikut Pelatihan Prakerja di Bukalapak

Berikut caranya:
  1. Pastikan saldo Prakerja Anda masih ada.
  2. Sekarang Anda bisa pergi ke Bukalapak Prakerja.
  3. Anda bisa memilih pelatihan sesuai kemauan.
  4. Silahkan Anda beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Prakerja dari Kartu Prakerja Anda.
  5. Ingatlah bahwa batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak Anda menerima SMS pengumuman. Jika Anda lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan Anda akan dicabut.
  6. Selesaikan pembelian sesuai yang tertera di layar.
Dengan mengikuti penjelasan di atas maka pasti Anda sudah berhasil dalam mengikuti pelatihan Prakerja di Bukalapak.

Luar Sekolah Prakerja -- Mungkin tidak ada yang mengira bahwa situs https://www.luarsekolah.com/ itu memang ada. Bahkan luar sekolah sudah bekerja sama dengan Prakerja untuk membantu para peserta menghadapi dunia bersama-sama. Apa itu mitra luar sekolah prakerja? Mungkin sebagian besar peserta Prakerja masih tidak mengetahuinya dengan jelas. 

Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini kami akan coba mengupas sekilas tentang Luar Sekolah Prakerja yang merupakan mitra prakerja yang cukup menarik diikuti. Apa yang membuat menarik dari Luar Sekolah Prakerja? Nanti kami juga akan singgung untuk Anda semua.

Lebih detail tentang luarsekolah.com/prakerja bisa Anda cek di bawah ini. Tentu saja ini tidak akan menyulitkan Anda untuk mengerti tentang Luar Sekolah Prakerja. Langsung saja tanpa perlu panjang lebar kami jelaskan saja secara langsung.

Luar Sekolah Prakerja Adalah

Pertanyaan peserta Prakerja tentu akan berkaitan tentang apa itu luar sekolah prakerja. Oleh sebab itu, tentang luar sekolah Prakerja ini langsung kami ambil dari laman resminya. Luarsekolah adalah platform marketplace edukasi vokasi dan pengembangan diri yang berbasis online yang bisa Anda akses kapan dan di mana saja untuk mendampingi para generasi muda Indonesia #sampaijadibisa.

Anda dapat membaca definisi tersebut langsung dari laman luarsekolah.com. Anda bisa akses pakai hp ataupun dengan laptop. Luar sekolah prakerja ini hadir karena 4 hal yaitu ingin menghubungkan gap edukasi dengan industri jaman sekarang, sebagai solusi jika Anda salah jurusan kuliah, menyediakan harga kelas yang sangat ramah kantong, dan tentunya memberikan akses Edukasi Yang Mudah Dan Berkualitas.

Anda jika tertarik untuk membeli pelatihan Prakerja di luarsekolah ini. Namun jika Anda ragu jangan sungkan untuk chat via wa di 0812-23507373 atau kirim email di info@luarsekolah.com. Anda akan mendapatkan informasi yang sangat relevan dengan dunia jaman sekarang. Tentu saja Anda tidak akan gagap teknologi jika bergabung dengan luar sekolah Prakerja.

Produk di Luar Sekolah Prakerja

Tidak hanya menawarkan berbagai macam jenis pelatihan prakerja namun luarsekolah.com juga menawarkan program afiliasi, sehingga Anda juga bisa mengajukan penawaran untuk bergabung dengan Luar Sekolah Prakerja.

Tenang saja Anda juga bisa menjadi kreator di Luar Sekolah. Anda akan dapat keuntungan berupa:
  • Penghasilan tambahan.
  • Bisa membagikan pengetahuan yang menarik dan bermanfaat.
  • Bergabung dengan Kreator lain di Luar Sekolah.
  • Yang menarik Anda juga bisa menjangkau Ribuan Member di Seluruh Indonesia.
Disisi lain, ada banyak peluang yang bisa anda dapatkan dari Luar Sekolah misalnya 150.000+ Jumlah Pengikut Instagram, 20.000+ Jumlah Kunjungan Situs, 700+ Jumlah Pengguna Situs, dan 200+ Jumlah Pembeli Kelas.


Cara Membuat Rekening BNI untuk Prakerja bisa Anda lakukan secara online seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Oleh sebab itu, kami rasa prosedur cara membuat rekening BNI untuk Prakerja akan sangat mudah. Jadi simak langsung paparan kami di bawah ini.

Cara Membuat Rekening BNI untuk Prakerja

Jika Anda mau membuat rekening BNI untuk prakerja maka Anda bisa melakukannya sebagai berikut. Ikuti penjelasan kami agar Anda tidak salah langkah dalam membuat rekening BNI untuk prakerja yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mencairkan insentif Prakerja.
  1. Pergi ke laman https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/simpananDataDiriPrakerja.
  2. Anda juga dapat membuka laman resmi Prakerja.go.id dan langsung saja ketuk logo BNI.
  3. Silahkan isi formulir online pembukaan rekening BNI yang tersedia di laman tersebut.
  4. Peserta Kartu Prakerja dapat memilih tanggal dan waktu kedatangan pembukaan rekening di kantor cabang sesuai dengan domisili masing-masing.
  5. Jangan lupa Anda harus tepat dalam memilih tanggal dan shift jam kedatangan ke kantor cabang BNI terdekat.
  6. Setelah Anda selesai mengisi formulir eform BNI dan jadwal kedatangan, di bawahnya akan muncul kode verifikasi yang dikirimkan via SMS.
  7. Pendaftaran lewat e-form sudah berhasil maka segera pilih save atau print.
  8. E-form pembukaan rekening BNI bisa Anda bawa ke kantor cabang BNI sesuai dengan waktu kedatangan yang sudah Anda pilih.
  9. Di kantor cabang BNI, Anda dapat segera langsung melakukan aktivasi BNI Mobile Banking dan Kartu Debit BNI.
  10. Sangat simple dan mudah bagi para peserta kartu Prakerja.
Sebagai catatan bahwa BNI tidak mengharuskan Anda untuk mengisi saldo awal untuk pembukaan rekening BNI Taplus Kartu Prakerja. Pembukaan rekening BNI untuk Prakerja dilakukan secara gratis tanpa biaya. Salah satu kelebihan dari pembukaan rekening BNI untuk Prakerja dibandingkan dengan e-wallet, yaitu uang dari insentif Kartu Prakerja bisa langsung dicairkan di ATM. Berikut merupakan keuntungan pembukaan rekening khusus Kartu Prakerja yang diberikan oleh BNI. 

Keuntungan Membuat Rekening BNI untuk Prakerja

Adapun keuntungan yang anda peroleh dengan membuat rekening BNI untuk prakerja selain yang sudah kami sebutkan di atas adalah
  1. Rekening BNI untuk prakerja dibuka tanpa setoran awal.
  2. Anda tidak dikenakan biaya administrasi tahun pertama.
  3. Biaya administrasi ringan untuk tahun berikutnya.
  4. Anda akan mendapatkan Fasilitas BNI Mobile Banking yang bisa mempermudah transaksi Anda kapan dan dimana saja.
  5. Anda juga akan dapat kartu debit BNI untuk tarik tunai di ATM BNI. Kartu Debit BNI ini juga bisa dipakai untuk transaksi di merchant favorit Anda.
  6. Cashback 10% (maksimal Rp 100 ribu) untuk transaksi belanja dengan menggunakan kartu debit BNI pertama.
  7. Dapatkan BNI POIN+ (BNI PoinPlus) untuk setiap transaksi dan penambahan saldo tabungan di Rekening BNI untuk Prakerja Anda
  8. Bonus 2.600 BNI POIN+ untuk aktivasi dan transaksi BNI Mobile Banking dan Registrasi BNI POIN+.
  9. Bonus mencapai 10.000 BNI POIN+ untuk transaksi belanja dengan memakai kartu debit BNI minimal Rp 300.000/transaksi.
Sebagai tambahan informasi, untuk dana yang mengendap dalam hal ini dipakai untuk biaya pelatihan, hanya bisa dipakai untuk membayar pelatihan dengan kata lain tidak bisa dicairkan. Saldo uang pelatihan tersebut akan hangus jika tidak Anda pakai untuk pelatihan online Kartu Prakerja selama satu bulan.

Sertifikat Prakerja Tidak Muncul -- Meski sudah mengikuti pelatihan online Prakerja nyatanya saat ini banyak sekali pertanyaan kenapa sertifikat tidak muncul di Kartu Prakerja. Ini bukan menjadi rahasia umum karena situs prakerja diakses oleh banyak orang. Tentunya, ini menjadi sangat memprihatinkan jika sudah capek-capek dalam mengerjakan kursus atau pelatihan online di prakerja nyatanya sertifikat prakerja tidak muncul. 

Oleh sebab itu, kami disini akan menjelaskan kepada anda semua terkait dengan masalah tersebut. Kenapa sertifikat prakerja tidak muncul padahal pelatihan sudah dikerjakan sampai tuntas? Inilah yang akan menjadi topik bahasan kita hari ini. Semoga saja apa yang akan kita bahas hari ini bisa membantu meringankan beban Anda dalam mengikuti semua pelatihan online di Prakerja.

Kenapa Sertifikat Prakerja Tidak Muncul?

Ada banyak alasan kenapa sertifikat tidak muncul di dashboard. Beberapa hal yang menyebabkan sertifikat tidak muncul di kartu prakerja sudah kami sesuaikan dengan salah satu channel YouTube. Dalam pembahasannya, kemungkinan sertifikat prakerja tidak muncul dikarenakan dua hal, yaitu sistem platform untuk sertifikat dan sistem prakerja butuh waktu untuk saling menghubungkan data base.

Selanjutnya, yang kedua menurut penjelasannya adalah sistem prakerja masih dalam tahap pengembangan. Hal ini karena meski sertifikat sudah bisa didownload nyatanya di dashboard Prakerja masih tertulis 0 sertifikat yang diperoleh. Sehingga, kami juga menyimpulkan jika sertifikat prakerja tidak muncul semacam ini karena kedua platform ini masih belum saling terhubung dengan baik. Ya syncnya terlalu lama. 

Dengan melihat alasan sertifikat prakerja tidak muncul seperti halnya di atas kami cuma bisa memberikan tips saja misalnya cek history browser Anda sudah dihapus atau belum ketika sudah menumpuk, lalu apakah kuota Anda masih banyak atau tidak karena kadang untuk meload laman website besar butuh data yang besar juga. Serta masih ada banyak alasan alasan lainnya yang menyebabkan kenapa sertifikat tidak muncul di kartu prakerja.

Cara Mengatasi Sertifikat Prakerja Tidak Muncul

Menurut kami cukup menunggu informasi lebih lanjut dari sitem Prakerja saja. Tidak ada yang perlu Anda lakukan kecuali sabar menunggu. Kenapa karena Sync dari platform pelatihan ke prakerja memang butuh waktu. Yang penting, sertifikat bisa Anda download maka itu lebih dari cukup sebagai bukti bahwa Anda sudah menyelesaikan pelatihan online di prakerja tersebut.

E-certificate memang akan diberikan kepada peserta Prakerja jika sudah menyelesaikan semua pelatihannya. Jadi nikmati saja itu prosesnya tidak usah memikirkan hal yang tidak begitu penting. Asal nanti insentif prakerja turun kan beres. Meski sertifikat di dashboard tidak muncul.

Cara Mengikuti Webinar Skill Academy Prakerja -- Skill Academy memang tidak lagi tersedia di dashboard akun Prakerja untuk gelombang 4 ini. Namun demikian webinar di skill academy masih dicari karena terhitung sebagai webinar prakerja yang paling mudah. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak peserta pelatihan prakerja yang menginginkan cara mengikuti webinar di skill academy. Lantas bagaimana caranya?

Skill Academy Prakerja meski tidak lagi berada di dashboard akun Prakerja ternyata masih bisa Anda beli dengan voucher yang ada di Tokopedia. Dengan inilah nanti kita akan menjelaskan kepada Anda semua terkait cara ikuti webinar di skill academy. Sekedar informasi saja, sekarang semua mitra prakerja mewajibkan untuk melaksanakan webinar langsung kepada semua peserta prakerja.

Meskipun peserta Prakerja sudah menyelesaikan materi dan pelatihan namun jika tidak mengikuti webinar prakerja pada tahap akhirnya. Maka insentif prakerja juga tidak akan bisa cair. Sebagai alternatif termudah untuk webinar prakerja, silahkan saja ikuti webinar Skill Academy Prakerja.

Cara Mengikuti Webinar Skill Academy Prakerja Ternyata Gampang

Kenapa webinar prakerja di skill academy merupakan webinar yang paling mudah? Jawabannya simple saja. Ternyata webinar prakerja di skill academy bisa Anda ikuti hanya dengan menggunakan hp saja asal terhubung dengan internet. Pasalnya, untuk bisa mengikuti webinar skill academy prakerja Anda hanya perlu memasang dua aplikasi saja dari Play Store. Pertama, Anda harus sudah pasang aplikasi Zoom. Kedua, Anda juga sudah memasang aplikasi Skill Academy.

Ketika dua aplikasi tersebut sudah Anda pasang di hp maka Anda sudah bisa mengikuti webinar skill academy Prakerja. Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah daftar akun Zoom kemudian Anda juga sudah memasang aplikasi Skill Academy. Jika kedua hal ini sudah Anda pastikan berjalan lancar maka Anda bisa lanjut ke tahap langkah demi langkah proses ikut webinar di Skill Academy.

Lebih detail tentang cara ikut webinar skill academy prakerja bisa Anda cek di bawah ini. Anda tidak perlu menggunakan laptop untuk mengakses Zoom. Ya walaupun sebenarnya pakai laptop juga bisa dan sama mudahnya. Yuk langsung saja cek langkah demi langkahnya di bawah ini.

Cara Ikut Webinar Skill Academy Prakerja

Jika Anda sudah siap dengan kedua aplikasi Anda di hp maka silahkan ikuti step stepnya di bawah ini.
  • Jalankan dulu aplikasi Skill Academy.
  • Lanjut dengan memilih kelas > webinar > klik tautan > pilih jadwal webinar yang tersedia.
  • Pada tahap registrasi webinar maka silahkan Anda masukkan nama dan email yang sesuai dengan di Prakerja.
  • Selanjutnya kode meeting webinar prakerja dengan Zoom akan muncul.
  • Silahkan Anda copy kode meeting webinarnya dan buka aplikasi Zoom.
  • Ketuk join meeting > input kode meeting webinarnya > tulis nama Anda > ketuk Join meeting.
  • Terakhir Anda akan langsung masuk ke webinar Prakerja jika admin sudah membukanya. Jika belum ya menunggu sampai dibuka.
Sehingga sangat disarankan agar ikut webinar di skill academy sesuai dengan jadwal yang tertera agar tidak menunggu terlalu lama. Setidaknya 30 menit sebelum acara webinar dimulai maka Anda harus sudah join terlebih dahulu untuk isi slot webinarnya. Dari pada Anda tidak kebagian tempat karena penuh dan harus menunggu webinar selanjutnya mending Anda sabar nunggu saja.

Gagal Unggah Foto KTP di Prakerja -- Jika Anda mengalami selalu gagal saat mengunggah foto KTP di akun Prakerja Anda maka silahkan saja Anda ikuti semua petunjuk yang akan kami berikan di dalam artikel ini. Oleh sebab itu, Anda harus terus membaca artikel kami sampai kelar agar bisa mengatasi kenapa kenapa gagal mengunggah Foto KTP di kartu prakerja.

Entah apa sebabnya dalam beberapa jam ini banyak sekali peserta prakerja yang mengalami masalah gagal unggah foto KTP di Prakerja. Oleh karena itu kami akan jelaskan kepada Anda cara upload foto KTP di kartu Prakerja yang paling benar.

Nah lebih rinci tentang cara mengatasi gagal mengunggah foto KTP di Prakerja bisa Anda cek di bawah ini. Jadi yang harus Anda lakukan cukup dengan sedikit trik saja agar semua beres. Namun jika masih gagal upload maka anda jangan patah semangat untuk mencoba mengatasinya.

Cara Mengunggah Foto KTP di Prakerja

Agar Anda lancar dalam hal unggah foto KTP di Kartu Prakerja maka sebelumnya Anda harus sudah menyelesaikan tahapan untuk verifikasi email, KTP dan KK. Kemudian jika Anda berhasil dalam hal tersebut maka Anda akan dibawa ke laman untuk unggah foto di kartu Prakerja.

Nah jika Anda butuh sedikit trik bagaimana agar tidak gagal unggah foto di Prakerja maka silahkan Anda cek tips dari kami berikut.
  1. Pastikan Anda sudah punya foto KTP dengan posisi tidur.
  2. Pastikan ukuran file KTP Anda tidak lebih dari 2Mb. Alangkah lebih baik jika ukurannya di bawah 1 Mb.
  3. Cek juga foto KTP yang akan Anda upload berekstensi .jpg atau .png.
  4. Pastikan juga bahwa foto KTP Anda terlihat jelas.
  5. Anda juga harus cek bahwa jaringan internet Anda stabil. Ingat ya yang stabil.
Jika Anda sudah menyiapkan hal-hal di atas sesuai petunjuk kami maka Anda bisa mulai klik upload foto dan cari dimana Anda menyimpannya. Jika sudah tinggal ketuk Upload saja. Dengan begini maka kami sangat yakin bahwa kegagalan dalam proses unggah foto KTP di Prakerja akan dapat di atasi.

Kenapa Gagal Mengunggah Foto KTP di Prakerja?

Yuk cari dulu apa alasan penyebab kenapa gagal mengunggah foto di kartu Prakerja. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat bagi Anda semua terutama yang saat ini mencari solusi akan hal tersebut.
  1. Server Prakerja sangat sibuk karena ribuan peserta mengakses dalam waktu yang bersamaan.
  2. Jaringan internet Anda tidak stabil.
  3. Ukuran file foto KTP Anda melebihi batas yang disarankan.
  4. Browser Anda minta diupdate.
  5. Cache yang sudah menumpuk.
Disini Anda hanya harus memastikan kira-kira masalah mana yang mengganggu gagal upload foto KTP di kartu Prakerja. Dengan begitu maka Anda akan tahu solusi yang pas untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Gagal Unggah Foto KTP Prakerja

Jika Anda membutuhkan solusi gagal mengunggah foto KTP di Prakerja begini solusinya.
  1. Anda harus upload foto sesuai dengan rekomendasi yang disarankan.
  2. Foto KTP tidak boleh blur, bercahaya, ataupun tidak kelihatan.
  3. Posisikan foto KTP Anda menjadi horizontal jika masih vertikal.
  4. Pastikan jaringan yang Anda pakai stabil setidaknya terus 4G agar kuat dan kencang. Jika tidak mendukung, maka silahkan ganti ke jaringan WiFi yang stabil.
  5. Anda bisa mengakses prakerja di lain waktu jika memang pas waktu ramai-ramainya. Misalnya Anda akses di malam hari.
  6. Anda bisa kirim pesan ke info@prakerja.go.id untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.
Kiranya begitu saja tata cara mengatasi gagal mengunggah foto KTP di Prakerja. Semoga saja apa yang kita sampaikan di atas berguna untuk Anda.

Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal -- Pada kesempatan yang baik ini Ednaer akan jelaskan kepada Anda semua terkait dengan proses bagaimana solusi untuk mengatasi insentif prakerja Gagal cair. Oleh sebab itu, bagi Anda para peserta Prakerja yang mengalami masalah terhadap insentif Prakerja yang tidak cair maka silahkan Anda cek dalam postingan kali ini. 

Intinya dalam mengatasi insentif prakerja gagal maka Anda tidak bisa mengatasinya hanya dengan dari situs web Prakerja. Hal ini karena disana tidak ada opsi untuk mengatasi masalah insentif prakerja gagal cair. Oleh sebab itu, ikuti petunjuk kami agar Anda bisa mencairkan insentif Anda tersebut.

Berikut kami jelaskan semua terkait dengan cara atasi insentif prakerja gagal. Semoga kami bisa memberikan sedikit pencerahaan bagi Anda yang sampai detik ini kira-kira masih menunggu kepastian kapan insentif cair padahal sudah ikut pelatihan dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Simple

Ada kalanya memang masalah insentif prakerja gagal cair semacam ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Pasalnya Prakerja saat ini sudah mencapi gelombang 8. Artinya sudah beberapa gelombang hal ini terjadi pada peserta Prakerja. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena semua pernah mengalami hal semacam ini.

Jika Anda melihat tutorial di YouTube semua sudah jelas panduan bagaimana agar bisa mengatasi insentif prakerja gagal dicairkan. Anda tentu tidak akan kesusahan sama sekali. Hal ini karena sudah dipaparkan dengan jelas prosedur untuk bisa mengatasi hal tersebut. 

Nah namun dari pada Anda mendengar dan melihat tutorial di YouTube masih kurang jelas. Berikut rangkuman dari Ednaer terkait dengan cara mengatasi insentif prakerja gagal. Ednaer berharap ini bisa dipergunakan dengan baik.

Solusi Insentif Prakerja Gagal Cair

Adapun hal yang bisa Anda lakukan ketika insentif Prakerja Gagal Cair.

(1) Kirim email langsung pada pihak Prakerja di info@prakerja.go.id untuk membantu mengatasi masalah insentif tidak cair. Format isiannya adalah Nama, NIK, Provinsi, Nomor Telepon, dan pesan laporan bahwa insentif Prakerja gagal cair sesuai jadwal walaupun NIK e-wallet dan NIK e-KTP sudah sesuai lalu juga sudah full service namun insentif masih tidak cair.

(2) Yang kedua hanya menunggu jika memang masalah yang terjadi itu karena mutlak kesalahan dari manajemen mitra e - wallet yang digunakan. Jadi Anda harus menunggu sampai perbaikan ditangani.

(3) Anda belum mengisi ulasan dan rating pelatihan. Maka silahkan Anda coba mengecek kembali semua pelatihan yang sudah Anda ambil. Barangkali ada yang masih belum diberi ulasan dan rating pada lembaga pemberi kursus.

(4) Bisa jadi nomor e-wallet yang Anda gunakan tidak aktif. Maka segera ganti saja yang aktif.

(5) Anda belum upgrade e wallet yang Anda pakai untuk mencairkan insentif prakerja.

(6) Data KTP dan foto Prakerja tidak sesuai bisa jadi ini juga jadi masalah maka benai dulu.

(7) Data yang Anda gunakan untuk daftar e-wallet dan prakerja tidak sama. Maka pastikan kedua hal ini datanya harus sama.

Kira kira begitu saja informasi mengenai faktor penyebab insentif prakerja gagal cair. Semoga saja ini berguna nantinya.

Webinar Prakerja -- Banyak sekali peserta pelatihan Prakerja yang sudah lolos gelombang 4 kemarin yang mulai bertanya-tanya tentang apa itu Webinar Prakerja. Pasalnya setiap kursus yang ditawarkan oleh Prakerja haruslah melalui webinar Prakerja. Sehingga tidak heran jika peserta Prakerja yang sejak awal pendaftaran merasa dipersulit sedikit kebingungan jika harus melewati kursus dengan webinar terlebih dahulu. 

Adakah pelatihan prakerja tanpa webinar? Lantas bagaimana cara mengikuti webinar prakerja? Tentu ini menjadi masalah tersendiri bagi para peserta Prakerja. Jika Anda butuh tentang informasi tersebut. Maka kami akan mengupasnya nanti. Untuk sementara waktu kita bahas sampai tuntas terlebih dahulu apa itu webinar Prakerja.

Umumnya, webinar dilaksanakan dengan Zoom Cloud Meeting. Alasannya karena Zoom merupakan LMS meeting online yang pas digunakan untuk hal tersebut. Meski Zoom gratis hanya punya limit waktu 40 menit nyatanya Webinar Zoom selalu menjadi pilihan utama. Bisa jadi webinar Prakerja akan memanfaatkan hal ini.

Webinar Prakerja, Maksud Webinar Adalah

Kita bahas terlebih dahulu maksud webinar. Webinar adalah singkatan dari web seminar. Umumnya webinar dilakukan secara online atau daring dengan platform yang mendukung kegiatan tersebut misalnya dengan situs web atau aplikasi webinar. Ada banyak sekali alat untuk webinar, misalnya dengan Google Meet, Zoom Cloud Meeting, Webex, Jitsi Meet, Microsoft Team dan lain sebagainya.

Sehingga jika kita bahas tentang Webinar Prakerja, maka Webinar Prakerja adalah sebuah kegiatan seminar yang dilakukan oleh penyelenggara pelatihan Prakerja kepada peserta Prakerja mengenai sebuah hal penting terkait dengan kursus ataupun lainnya yang berhubungan dengan Prakerja. 

Berkaca dari hal tersebut maka wajar jika webinar prakerja diwajibkan oleh penyelenggara kepada peserta prakerja karena memang disyaratkan sebagai salah satu kewajiban yang harus diselesaikan oleh peserta pelatihan prakerja gelombang 4.

Apakah Ada Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar?

Melihat semua platform penyedia kursus sudah bekerja sama dengan pemerintah. Sepertinya semua peserta diharuskan untuk mengikuti webinar prakerja sebelum bisa mengambil kursus yang dibelinya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjalaninya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Cara Mengikuti Webinar Prakerja

Secara umum untuk mengikuti webinar prakerja itu mudah. Misalnya nanti Anda harus webinar prakerja dengan aplikasi Zoom maka Anda harus punya aplikasi Zoom atau Anda mengaksesnya dari web browser laptop juga bisa. Nanti tinggal masukkan kode meetingnya saja. Anda tidak perlu daftar akun Zoom kalau Anda bingung jadi sebagai guest juga tidak masalah.

Cara Memberi Ulasan di Tokopedia Prakerja -- Pendaftaran Prakerja Gelombang 7 sudah dibuka. Sehingga ini mengandung arti sudah banyak peserta Prakerja gelombang 5 dan gelombang 6 yang sudah mengikuti pelatihan atau kursus di mitra Prakerja tentunya. Sehingga setelah kursus diikuti para peserta Prakerja diharuskan untuk memberikan ulasan atau rating disana. Nah kali ini kita contohkan saja cara memberi ulasan di Tokopedia Prakerja. 

Kenapa Tokopedia Prakerja? Alasannya karena di Tokopedia sudah tersedia mitra pemberi kursus peserta Prakerja dalam jumlah yang sangat banyak sehingga para peserta Prakerja bisa memilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Pemberian ulasan atau rating di Tokopedia Prakerja dapat dilakukan jika kursus yang dibeli sudah selesai.

Nah agar status pelatihan yang dibeli berubah menjadi selesai dan bertanda centang hijau maka semua peserta prakerja harus memberikan ulasan. Ulasan / rating ini sifatnya sebagai feedback. Jadi sampaikan apa adanya. Kalau bagus ya katakan bagus kalau jelek ya katakan jelek.

Cara Memberi Ulasan di Tokopedia Prakerja Gampang

Anda bisa membaca secara lengkap tata cara memberikan ulasan di Tokopedia Prakerja melalui laman pusat bantuan Tokopedia > info umum > Bagaimana Cara Mengisi Ulasan Kartu Prakerja? Dari laman tersebut maka Anda akan dapat gambaran yang jelas terkait dengan cara memberi rating di Tokopedia Prakerja.

Namun jika Anda malas mencarinya maka Anda bisa membacanya di tempat kami. Semoga dengan ulasan yang kami berikan disini maka Anda bisa dengan segera memberi rating di Tokopedia Prakerja. Ya lakukan dengan pelan-pelan saja. 

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengupasnya sampai tuntas di bawah ini tentang tata cara memberi ulasan Tokopedia Prakerja yang sudah selesai. Jadi Anda harus pastikan betul bahwa pelatihan / kursus yang Anda beli di Tokopedia sudah selesai.

Cara Memberi Rating di Tokopedia Prakerja Simple

Ikuti sesuai dengan petunjuk berikut ini.
  • Anda bisa masuk ke akun Tokopedia Anda.
  • Ketuk saja bagian Akun.
  • Di bagian Daftar Transaksi > ketuk Top Up & Tagihan.
  • Sekarang pilih produk pelatihan Prakerja Anda.
  • Pilih Tulis Ulasan di Daftar Transaksi Kartu Prakerja tersebut.
  • Anda harus mengisi ulasan hingga Anda mendapatkan pop up yang isinya tulis ulasan berhasil.
  • Tokopedia akan mengumpulkan data penyelesaian program kartu prakerja setiap jam 18.00 WIB di hari kerja.
  • Ketika laporan penyelesaian pelatihan prakerja sudah diterima oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, maka Manajemen Pelaksana akan segera memproses laporan dalam 7x24 jam hari kerja.
  • Manajemen Pelaksana akan melakukan pembaharuan link sertifikat peserta pada halaman Dashboard Kartu Prakerja jika sudah kelar semuanya.
Ulasan di Tokopedia Prakerja ini hanya dapat dilakukan sekali saja. Makanya pastikan memberi ulasan yang tepat. Jika pada waktu memberikan ulasan muncul notifikasi error “Tulis Ulasan Gagal” artinya Anda sudah memberikan ulasan. Jadi jangan bingung.

Akhir Kata

Sekian pembahasan prakerja  apabila ada salah kata ato penulisan yang kurang benar maklum ya karena saya seorang manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, terima kasih sudah ke blog saya semoga bisa menambah pengetahuan tentang prakerja dan bisa bermanfaat untuk sobat ednaer sekalian.

Posting Komentar untuk "Membahas Prakerja Lengkap"