Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Cara Menghitung Volume Balok dan Contoh Soal | RUMUS VOLUME BALOK

Cara menghitung volume balok dan Contoh Soal -- Saya akan mengulang lagi apa yang sudah saya pelajar bagaimana mengetahui berapa volume suatu balok. Eits tunggu dulu sobat ku, kalian dapat mengerti terlebih dahulu bagaimana dan apa balok itu??

Cara Menghitung Volume Balok dan Contoh Soal | RUMUS VOLUME BALOK

Cara Menghitung Volume Balok

Balok adalah bentuk tiga dimensi dari bangun persegi panjang merupakan salah satu bentuk bangun ruang. Agar dapat mengetahui jumlah volume balok, sobat perlu tahu dan mendalami rusuk dari balok tersebut agar dapat mengerti panjang, tinggi, serta lebar balok.

Cara Menghitung VOLUME BALOK dan Contoh Soal Rumus

Balok mempunyai 12 rusuk, apa saja itu kok ada 12 nah itu terdiri 3 jenis rusuk ukuran tidak beda, bisa kalian sebut dg lebar (l) tinggi (t) dan lebar (l)

Tidak hanya rusuk lho, balok juga mempunyai 6 sisi yaitu sisi belakang - sisi depan, sisi kiri - sisi kanan, terakhir sisi bawah dan sisi atas.

Rumus Volume Balok

Sobat diharus kan mengerti rumus volume balok supaya sobat bisa menghitung volume balok. Saya tuliskan rumus volume balok dibawah ini;

Cara Menghitung VOLUME BALOK dan Contoh Soal | RUMUS VOLUME BALOK

Sobat dapat meniru dibawah ini sudah saya buatkan supaya kalian mengerti posisi tinggi, panjang, dan lebar ataupun letak lainnya. Nah, kalian harus mengerti terlebih dahulu ukuran panjang masing masing rusuk sebelum menghitung volume balok.

Tidak hanya itu saja sob, apabila rusuk balok menggunakan satuan panjang biasanya itu seperti meter, centi meter dan lainnya. Oke sobat kita akan menuju menghitung volume balok, sobat bisa memastikan ya apakah semua rusuk sudah mempunyai satuan panjang sama ato belom?

Contoh Soal

Apabila punya rusuk balok mempunyai satuan panjang tidak sama, sobat samakan terlebih dahulu ya. Nih saya berikan Contohnya apabila lebar & panjang digunakannya pakai satuan centi meter, akan tetapi tinggi pakai meter. Nah kalian bisa menyamanak terlebih dahulu ya sobat satuannya, supaya ke centi meter semua ( meter )

Cara Menghitung VOLUME BALOK dan Contoh Soal | RUMUS VOLUME BALOK

Satuan volume adalah kubik Kamu harus tahu itu ya diinget inget. Sudah saya berikan Contohnya itu, jadi luas dari balok tersebut 187.500  cm 3, satuan cm3 dibaca dengan centi meter kubik.

Disederhanakannya, menjadi ukuran dm3 atau liter saya menggunakan satuan tersebut, 1000 cm3 sama dengan 1 dm3, apabila 187.500 cm3 maka artinya sama dengan 187,5 dm3.

Ada lagi yang harus kamu ketahui, dari ukuran liter ukuran nya itu ssama dengan dm3. Sehingga apabila 187,5 liter mempunyai arti yang sama dg 187,5 dm3.

Akhir Kata

Sudah selesai saya ngebahas mengenai cara menghitung volume balok. Apabila kamu mempunyai pertanyaan, yuk komen saja ya sob kita belajar bareng. Saya berharap postingan saya kali ini menambah pengetahuan kamu yang telah mau belajar hingga akhir. semangat ya sobat...

Selengkapnya kamu bisa belajar dibawah ini sobat, jangan malas untuk bisa yaaa !

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Volume Balok dan Contoh Soal | RUMUS VOLUME BALOK"